Green Day Melacurkan Musik Punk?


[KEKOPEDIA.COM]: Apakah anda setuju dengan pernyataan seperti yang tertera di judul artikel ini, bahwa Green Day telah "melacurkan" musik punk? karena menurut penggemar punk, menilai Green Day telah menangguk popularitas dan keuntungan lewat major label yang sangat diharamkan para kaum underground.

Menurut Green Day hal itu di anggap sebagai tantangan untuk lebih mengenalkan musik punk secara luas dan mereka pun mengakui bahwa Greend Day masih independent dan masih tetap punk. Album perdana nya adalah "39/Smooth" dan pada tahun 1992 merilis album "Kerplunk" yang sukses terjual lewat sistem dari mulut ke mulut. Kesuksesan itu lah yang membawa mereka ke major label Reprise yang kemudian melahirkan album "Dokie" yang dirilis pada tahun 1994.

Awal Karir Green Day

Pada awal nya Green Day adalah tidak lebih dari sekedar band sekolahan dengan nama Sweet Children yang dibentuk oleh Mike dan Billie ketika mereka masih berusia 14 tahun, kemudian pada awal tahun 90'an berganti nama menjadi Green Day dan Tre Cool sang Drummer bergabung di band punk yang fenomenal ini.

Album pertama dibawah major label ini menuai sukses dan terjual puluhan juta copy diseluruh dunia. Struktur komposisi dan aransemennya memang punk banget, tapi entah kenapa tidak terdengar seagresif dan se-frontal Rancid dan Ramones.

Kebanyakan band punk identik dengan kesan idealis, gahar dan revolusiioner. Namun pada Green Day ini justru terkesan lebih seru dan komikal tanpa tendensi yang berlebihan seperti pada lagu When I Come Around dan Basket Case. Dengan formula model seperti itu akhirnya mereka pun membawa angin segar untuk industri musik dunia khususnya pada genre punk.

"AMERICAN IDIOT" Album terbaik Green Day Sepanjang Karir

Pada tahun 2004 Green Day merilis album lagi dengan judul album "American Idiot" yang masih mengusung punk pop dengan gaya busana anak punk sebagai modemodisnya dan mereka juga berkata masih setia dijalur yang membesarkannya dengan sound dan pendekatan psikologi era sekarang.

Album Trilogi Green Day

Pada tanggal 11 April, Billie Joe Armstrong mengumumkan bahwa Green Day akan merilis album trilogi berjudul ¡Uno!, ¡Dos!, dan ¡TrĂ©!. Armstrong juga menyatakan bahwa album-album tersebut berturut-turut akan dirilis pada 25 September 2012, 13 November 2012, dan 15 Januari 2013.[6] Pada 14 Juni 2012, Green Day merilis sampul album resmi ¡Uno! melalui YouTube, diikuti sampul album resmi ¡Dos! pada tanggal 22 Juni 2012.