Mengenal Teknik Fotografi Freeze


Ada pertanyaan dari beberapa teman saya yang sedang belajar fotografi tentang teknik Freeze pada fotografi, ini adalah hal lumrah dan sangat wajar yang biasa ditanyakan untuk fotografer pemula.

Teknik freeze atau freezing adalah teknik dasar yang bertujuan untuk memotret sebuah objek yang sedang bergerak cepat tetapi masih bisa menangkap Objek tersebut tetap diam atau menjadi beku. Teknik Freeze ini juga biasa disebut membekukan objek secara keseluruhan elemen yang ada pada frame. Sebaiknya gunakan shutter speed yang tinggi jika menggunakan speed yang rendah, maka bisa dipastikan objek yang akan anda potre menjadi kabur atau blur.

Ilustrasi :
Pada suatu ketika anda sedang menonton balap motor dan mau mengambil gambar pembalap favorit anda yang sedang melaju sangat kencang.

Setting Kamera :
Gunakan shutter speed tinggi di atas 1/100 second, aperture (f) disetel menyesuaikan dengan kecepatan, dan ISO dengan 400 ke atas atau tetap di angka 100-200, sesuai keinginan. Kemudian Aperture dapat disetel sesuai dengan keinginan untuk menghasilkan kualitas gambar yang diinginkan.

Mengenal Teknik Fotografi Freeze
IMAGE CREDIT : trendhunter.com
Kesimpulan dari Teknik Fotografi Freezing ini adalah jika semakin cepat gerakan objek yang akan kita ambil, maka kita butuh kecepatan yang cepat pula. Ditandai dengan angka 1/.. yang nilainya semakin tinggi. Misal 1/250, 1/500, 1/1000 dan seterusnya sesuai dengan kemampuan pengaturan yang ada pada kamera anda.

Teknik ini juga bisa digunakan untuk kejadian lain, misalnya pada objek air terjun, pesawat terbang atau pada daun-daun yang berguguran yang sangat pas untuk mengambil foto-foto romantis. semoga anda sudah sedikit memahami teknik membekukan gambar atau freeze ini.

Advertisement